الحمد لله ربّ العالمين، والصلاة والسلام على سيد المرسلين وبعد..
فإنّ من فضل الله ومنته أن جعل لعباده الصالحين مواسم يستكثرون فيها من العمل الصالح، ومن هذه المواسم عشر ذي الحجة..
Sesungguhnya diantara keutamaan dan karunia yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang shalih adalah adanya musim-musim yang dianjurkan di dalamnya untuk memperbanyak amalan shalih. Dan diantara musim-musim tersebut adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.
فضلها:
Keutamaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah :
وقد ورد في فضلها أدلة من الكتاب والسنة منها:
Sungguh telah datang dalil-dalil tentang keutamaannya dalam Al Qur'an dan As Sunnah (Hadits), yaitu :
1- قال تعالى: {وَالْفَجْرِ. وَلَيَالٍ عَشْرٍ} [الفجر:1-2]
1. Firman Allah Ta'ala :
"Demi fajar. Dan malam yang sepuluh." (Q.S Al Fajr : 1-2)
قال ابن كثير رحمه الله: "المراد بها عشر ذي الحجة كما قالهه ابن عباس وابن الزبير ومجاهد وغيرهم".
Berkata Ibnu Katsir rohimahulloh, "Yang dimaksud disini adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah sebagaimana yang dikatakan Ibnu 'Abbas, Ibnu Az Zubair, Mujahid dan selain mereka."
2- عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «ما العمل في أيّام أفضل في هذه العشرة»، قالوا: ولا الجهاد، قال: «ولا الجهاد إلاّ رجل خرج يخاطر بنفسه وماله فلم يرجع بشيء». (رواه البخاري).
2. Dari Ibnu 'Abbas rodhiyalloohu 'anhuma berkata, "Rosululloh shollalloohu 'alayhi wa sallam bersabda, 'Tidaklah ada suatu amalan yang lebih afdhol (utama) dari amalan di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah'."
Para sahabat bertanya, "Tidak pula dengan jihad (fii sabilillah)?"
Beliau menjawab, "Tidak pula jihad fii sabilillah, kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa raga serta hartanya dan tidak kembali sesuatu pun darinya." (H.R. Al Bukhori)
3- قال تعالى: {وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَّعْلُومَاتٍ} [الحج:28]، قال ابن عباس وابن كثير يعني: "أيام العشر".
3. Allah berfirman : "....dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan..." (Q.S. Al Hajj: 28)
Berkata Ibnu 'Abbas dan Ibnu Katsir, bahwa hari-hari yang dalam ayat ini adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.
4- عن ابن عمر رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «مامن أيّام أعظم عند الله سبحانه ولا أحب إليه العمل فيهن من هذه الأيام العشر، فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد». (رواه الطبراني في المعجم الكبير).
4. Hadits dari Ibnu 'Umar rodhiyalloohu'anhuma berkata, "Rosululloh shollalloohu'alayhi wa sallam bersabda, 'Tidaklah ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah subhanahu wa ta'ala dan amal sholih padanya lebih Allah cintai melainkan pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Maka itu, perbanyaklah kalian membaca tahlil (laa ilaaha illallaah), takbir (Allahu Akbar) dan tahmid (alhamdulillaah)'." (H.R. Ath Thabrani dalam Al Majmu' Al Kabir)
5- كان سعيد بن جبير رحمه الله إذا دخلت العشر اجتهد اجتهاداً حتى ما يكاد يُقدَر ُ عليه. (الدارمي).
5. Adalah dahulu Sa'id bin Jubair rohimahulloh apabila telah masuk sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah maka Beliau sangat bersungguh- sungguh sampai-sampai Beliau hampir tidak sanggup melakukannya. (Riwayat Ad Darimi)
6- قال ابن حجر في الفتح: "والذي يظهر أنّ السبب في امتياز عشر ذي الحجة، لمكان اجتماع أمهات العبادة فيه، وهي الصلاة والصيام والصدقة والحج، ولا يأتي ذلك في غيره".
6. Berkata Ibnu Hajar dalam kitab Al Fath, "Yang telah nampak jelas tentang sebab keistimewaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah dikarenakan padanya terkumpul induk-induk peribadahan yaitu sholat, puasa, shodaqoh dan haji. Dan hal itu tidak ada pada hari-hari selainnya."
🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴
ما يستحب في هذه الأيام:
Apa-apa yang disunnahkan pada hari-hari tersebut :
1- الصلاة: يستحب التبكير إلى الفرائض، والإكثار من النوافل فإنّها من أفضل القربات.
1. Sholat : disunnahkan bertakbir setelah selesai sholat fardhu, dan memperbanyak sholat sunnah karena sholat merupakan seutama-utamanya bentuk peribadatan yang mendekatkan diri kepada Allah.
روى ثوبان رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: «عليك بكثرة السجود لله فإنّك لا تسجد لله سجدة إلاّ رفعك إليه بها درجة، وحط عنك بها خطيئة» (رواه مسلم)، وهذا في كل وقت.
Diriwayatkan dari Tsauban rodhiyalloohu'anhu, Beliau berkata, "Aku mendengar Rosululloh shollalloohu'alayhi wa sallam bersabda, 'Diwajibkan atasmu untuk memperbanyak sujud kepada Allah. Karena sesungguhnya tidaklah kamu bersujud satu kali kepada Allah melainkan Allah akan mengangkatmu satu derajat kepada-Nya dan menghapus darimu satu kesalahan'." (H.R. Muslim).
Dan ini berlaku setiap waktu.
2- الصيام: لدخوله في الأعمال الصالحة، فعن هنبدة بن خالد عن امرأته عن بعض أزواج النبي صلى الله عليه وسلم قالت: «كان النبي صلى الله عليه وسلم يصوم تسع ذي الحجة، ويوم عاشوراء، وثلاثة أيّام من كل شهر» . (رواه أحمد وأبو داود والنسائي وغيرهم). وقال الإمام النووي عن صوم أيّام العشر أنّه مستحب استحباباً شديداً.
2. Puasa : karena puasa termasuk diantara amal-amal sholih.
Dari Hanbadah bin Kholid dari istrinya dari sebagian istri-istri Nabi shollalloohu 'alayhi wa sallam, Beliau berkata, "Dahulu Nabi shollalloohu'alayhi wa sallam berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, hari 'Asyuro` (10 Muharram) serta puasa tiga hari setiap bulan." (H.R. Ahmad, Abu Dawud, An Nasa`i dan selain mereka)
Berkata Imam An Nawawi tentang puasa di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah bahwasanya hukumnya sunnah yang sangat ditekankan.
3- التكبير والتهليل والتحميد: لما ورد في حديث ابن عمر السابق: «فأكثروا من التهليل والتكبير والتحميد»، وقال الإمام البخاري رحمه الله: "كان ابن عمر وأبو هريرة رضي الله عنهما يخرجان إلى السوق في أيّام العشر يكبران ويكبر النّاس بتكبيرهما"، وقال أيضًا: "وكان عمر يكبر في قبته بمنى فيسمعه أهل المسجد فيكبرون ويكبر أهلل الأسواق حتى ترتج منى تكبيراً".
3. Membaca takbir, tahlil dan tahmid sebagaimana yang telah datang pada hadits riwayat Ibnu 'Umar yang telah lalu, "Maka hendaklah kalian memperbanyak takbir, tahlil dan tahmid."
Berkata Imam Al Bukhori, "Dahulu Ibnu 'Umar dan Abu Huroiroh keluar menuju pasar dan keduanya bertakbir, maka bertakbir lah orang-orang yang ada di pasar karena mendengar takbir mereka berdua."
Beliau juga berkata, "Dahulu 'Umar bertakbir dalam kubahnya di Mina, lalu orang-orang di masjid mendengarnya dan bertakbir, bertakbir pula orang-orang yang ada di pasar hingga Mina bergelora dengan suara takbir.
وكان ابن عمر يكبر بمنى تلك الأيّام، وخلف الصلوات وعلى فراشه، وفي فسطاطه، ومجلسه، وممشاه تلك الأيّام جميعا، والمستحب
Dan adalah dahulu Ibnu 'Umar bertakbir di Mina pada hari-hari tersebut baik setelah shalat-shalatnya, di atas kasur Beliau, tenda-tenda, di majelis (tempat duduknya) dan dijalan yang dilaluinya, pada hari-hari itu seluruhnya.
_Wallahu a'lam bishshowab_
No comments:
Post a Comment